Tips SEO Off Page

Dalam melakukan Optimsi website / blog ada beberapa  Tips SEO Off Page harus dilakukan dengan benar agar tidak melanggar TOS Google. Tingkat kepopuleran menjadi acuan bagi  mesin pencari dalam memberikan penilain pada sebuah website. Tentu akan berbeda dengan Optimasi pada bagian SEO On Page seperti yang telah saya tulis sebelumnya, namun dua sisi ini merupakan satu kesatuan yang harus sama-sama dioptimalkan.

Cara Optimasi SEO Off Page untuk website atau blog
Semakin banyak backlink yang dimiliki sebuah website maka akan menaikkan kepopuleran website / blog tersebut dimata mesin pencari, dan hal tersebut membuka peluang untuk bisa tampil di posisi yang menjadi target setiap webmaster / blogger yaitu halaman pertama khususnya SERP Google.

Walaupun hal ini selalu menjadi perdebatan, akan tetapi hingga sekarang masih banyak blogger yang meyakini bahwa backlink masih berpengaruh sangat besar menjadi penentu posisi website atau sebuah artikel pada laman pencarian serta poin yang membantu dalam mendapatkan / menaikkan Google PageRank.

Jika bicara backlink tentu akan ada juga aturan mainnya, jumlah saja tidak menjamin backlink akan mempengaruhi nilai sebuah website dimata google. Akan tetapi Backlink berkualitas yang mengarah ke sebuah websitelah yang akan memberi dampak signifikan pada kepopulerannya di mesin pencari. Ada beberapa jenis backlink yang termasuk dalam jenis berkualitas seperti yang menggunakan ekstension .gov , .edu , .ac dan beberapa lainnya.

Ada dua jenis backlink yaitu Do Follow dan No Follow, dalam mencari backlink untuk website atau blog sebaiknya ada kombinasi / campuran dari kedua kedua jenis tersebut. Kelebihan mendapatkan backlick dari sebuah website Do Follow itu sendiri karena ikut terindeks oleh mesin pencari dan itu akan memberi efek yang baik pada website yang diberikan backlink.

Memanfatkan Forum, Sosial Media seperti Facebook, Twitter, G+ dan yang lainnya dalam melakukan optimasi Off Page SEO. Semakin banyak backlink yang didapatkan akan mengangkat reputasi sebuah website dimata Search engine. Hindari backlink dari situs-situs yang tergolong tidak baik seperti Po*no, Judi dan sejenisnya karena bisa membahayakan website.

Jadi saya menyimpulkan Optimasi SEO yang dilakukan untuk Off Page utamanya adalah mencari backlink yang berkualitas dengan cara yang benar dengan tidak melakukan Spamming. Lakukan pencarian backlink dengan sewajarnya secara bertahap, karena mesin pencari terutama Google tidak menyukai Optimasi yang berlebihan.

Dan sebagai blogger sepertinya Belajar SEO sudah menjadi keharusan karena keahlian tersebut sangat dibutuhkan untuk membawa website atau blog yang kita kelola menduduki posisi yang ideal pada SERP google..